Sabtu, 06 Juni 2015

MEDIA KOMUNIKASI MASSA



PEMBAHASAN

1.1  pengertian media komunikasi massa
Dalam komunikasi massa sendiri, media komunikasi yang digunakan adalah media komunikasi massa. Pengertian media komunikasi massa ini adalah alat yang dapat menghubungkan antara sumber dengan penerima yang sifatnya terbuka. Disini, setiap orang dapat melihat, membaca atau mendengarnya.
                  Media komunikasi massa juga sebagai saluran untuk menyampaikan atau informasi oleh komunikator atau penyampai kepada halayak luas atau massal. Media komunikasi massa disebut juga media massa, dengan demikian dapat berupa media cetak seperti surat kabar, majalah serta terbitan berkala lainnya, dan bulletin kantor berita, dapat pula berupa media elektronik seperti radio,televisi, video dan film.

2.2  Pengertian Media Komunikasi
            Media Komunikasi dapat didefenisikan sebagai alat yang digunakan untuk komunikasi. Pengertian media komunikasi ini juga dapat diartikan sebagai alat bantu untuk memindahkan pesan dari sumber kepada penerima. Pengertian media komunikasi ini menjadi alat bantu atau seperangkat sarana yang digunakan untuk kelancaran proses komunikasi.
            Pengertian Media Komunikasi bisa bermacam-macam bentuknya tergantung dari bentuk komunikasi yang dilakukan. Ada beberapa bentuk komunikasi yang memerlukan media komunikasi, tapi ada juga yang memang tidak memrlukan media komunikasi seperti komunikasi yang bersifat langsung atau tatap muka. Sehingga ada sebagian orang yang menggolongkan panca indera juga merupakan media komunikasi.
            Bentuk komunikasi yang memerlukan media adalah komunikasi yang tidak memungkinkan komunikan dan komunikator untuk dapat menjalankan proses komunikasinya tanpa alat. Biasanya tergantung dari jarak dan posisi antara komunikator dengan komunikan yang pada akhirnya akan menenetukan komunikasi tersebut memerlukan media atau tidak. Misalnya, komunikan dan komunikatornya tidak bertatap muka langsung walaupun pada jarak yang dekat namun berbeda ruangan dan lain sebagainya.

2.3 Sejarah Media Komunikasi Massa
Media Komunikasi atau yang biasa disebut dengan Media massa telah dimulai semenjak manusia mengenal tulisan ribuan tahun yang lalu. Dengan adanya tulisan maka muncul juga para penulis yang mencatat atau menulis di buku. Berkembangnya tulisan ini kemudian semakin lama dikenal dengan media massa. Media massa telah membantu dalam menciptaan kesadaran sosial dan juga telah member manusia dengan cara yang lebih muda dalam menjalani hidup.
Media massa mulai berkembang sekitar 3300 SM, ketika bangsa mesir menyempurnakan  huruf hieroglif. Sistem oenulisan ini didasarkan pada symbol. Kemudian pada tahun 1500 SM, bangsa semit menyusun huruf dengan konsonan. Setelah itu sekitar 800 SM huruf vocal  dimasukkan ke dalam  alphabet oleh bangsa yunani.
Banyak buku yang tela ditulis pda zaman dahulu, namun berdasarkan penelitian mengkonfirmasi bahwa buku cetak pertama adalah Diamond Sutra yang ditulis di Cina pada tahun 868 SM. Teknologi pencetakan kemudian berkembang ke eropa. Pada tahun 1400, Johannes Gutenberg (Jerman), menemukan mesin cetak. Buku pertama dicetak  pada tahun 1453. Salah satu buku yang dicetak itu adalah The Gutenberg Bible. Dari satu kota di Jerman, mesin cetak kemudian tersebar di seluruh eropa. Pada tahun 148 William Caxton menghasilkan sebuah buku dengan iklan cetak pertama di inggris. Di tahun 1500, dua juta eksemplar buku dicetak di inggris. Dalam jangka waktu seratus tahun, percetakan naik menjadi dua ratus juta eksemplar.
Media massa cetak Indonesia telah ada sejak tahun 1744. Saat itu media massa dikuasai sepenuhnya oleh kolonialisme belanda. Oleh karena itu bahasa yang digunakan pun bahasa belanda dan isi beritanya pun mengenai kehidupan orang-orang eropa di Indonesia. Pada massa pendudukan jepang, para pemerintah penjajah mengawasi isi berita media massa cetak di Indonesia dengan ketat.
Berita-berita yang diterbitkan di media massa cetak pada masa pemerintahan jepang harus memuat nila-nilai yang memuji-muji pemerintahan jepang. Pada perkembangan berikutnya wartawan media massa cetak pribumi saat itu hanya berstatus sebagai pegawai saja, sedangkan orang-orang yang ditempatkan diposisi strategis dan tinggi adalah sumber daya manusia yang sengaja didatangkan langsung dari jepang.
Pada masa ini, surat-surat kabar Indonesia yang semula berusaha dan berdiri sendiri dipaksa bergabung menjadi satu, dan segala bidang usahanya disesuakan dengan rencana-rencana serta tujuan-tujuan tentara jepang untuk memenangkan apa yang mereka namakan “Dai Toa Senso” atau perang Asia Timur Raya. Dengan demikian, di zaman pendudukan jepang pers merupakan alat perang jepang. Kabar-kabar dan karangan-karangan yang dimuat hanyalah pro-jepang semata.
Pada masa pemerintahan jepang, salah satu media massa cetak yang sukses adalah “Tjahaja”. Surat kabar ini sudah berbahasa Indonesia meski isi beritanya segala informasi tentang jepang. Surat kabar tersebut diterbitkan oleh sebuah penerbit dibandung, pahlawan Nasional Oto Iskandar Dinata.
Pada maret 1688, tiba mesin cetak pertama di Indonesia dari negeri belanda. Atas instruksi pemerintah, diterbitkan surat kabar tercetak pertama dan dalam nomor perkenalannya dimuat ketentuan-ketentuan perjanjian antara belanda dengan sultan Makassar. Setelah surat kabar pertama kemudian terbitlah surat kabar yang diusahakan oleh pemilik percetakan-percetakan di beberapa tempat di jawa. Surat kabar tersebut lebih berbentuk Koran iklan. Fungsinya untuk membantu pemerintahan colonial belanda.
Selanjutnya pada masa orde lama,terdapat perubahan yang signifikan pada media massa  cetak dengan dikeluarkannya dekrit presiden 5 juli 1959. Isi dekrit itu adalah larangan pers untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan politik. Dengan kata lain, media massa cetak dilarang menjadi alat propaganda kepentingan plitik manapun. Media massa cetak lebih bebbas di masa pemerintahan orde baru. Berbagai media masa local maupun nasional dan media massa cetak pers kampus mulai hidup kembali.

2.4 Perkembangan media massa
            Everett M. Rogers dalam bukunya Comminucation Technology; The New Media in Society, mengatakan bahwa dalam hubungan komunikasi di masyarakat, dikenal dengan empat era komunikasi, yaitu : Era tulis, era media cetak, era media telekomunikasi dan era komunikasi interaktif. Dalam era terkahir media komunikasi interaktif dikenal dengan media computer, videotext dan teletext, teleconferencing, TV kabel dan sebagainya.
            Perkembangan dalam bidang informasi tidak lepas dari peran media massa, dengan media massa masyarakat bisa mengetahui perkembangan yang ada diluar tanpa hadir langsung di tempat kejadian itu. Media massa adalah sarana atau alat untuk menyampaikan pesan atau informasi yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas seperti radio, televisi, dan surat kabar.  Istilah media massa memberikan gambaran mengenai alat komunikasi yang bekerja dalam berbagai skala, mulai dari skala terbatas sampai melibatkan siapa saja di masyarakat, dengan skala yang sangat luas.
            Istilah media massa mengacu pada sejumlah media yang telah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan tetap dipergunakan hingga saat ini. Seperti surat kabar, majalah, film, radio, televise, internet dan lain-lain. Media massa memiliki sifat dan karakteristik yang mampu menjangkau massa dalam jumlah besar dan luas, bersifat publik dan mampu memberikan popularitas kepada siapa saja yang muncul di media massa, karakeristik media tersebut memberikan konsekuensi bagi kehidupan politik dan budaya masyarakat.
            Media masssa menjadi bagian penting dari perjalanan sejaraj Indonesia, pada masa pemerintahan liberal Hindia Belanda yang dipimpin oleh Gubernur Jendral Gustaaf Willem, Indonesia mengawali surat kabar pertamanya, yaitu Bataviasche Nouvelles en Politigue (berita dan penalaran Politik Batavia) pada tahun 1744. Kemudian media masssa terus tumbuh dan berkembang dari awalnya media cetak, berkembang ke media elektronik, baik radio maupun televisi. Hingga media digital-portal. Meskipun mengalami jatuh bangun, media massa di Indonesia terus berkembang mengikuti zamannya.  Di era reformasi sejak tergulingnya presiden Soeharto dari jabatannta sebagai presiden, media massa menemukan kebebasan pers yang tidak diperoleh pada masa-masa sebelumnya. Dengan adanya kebebasan pers, tidak kurang dari 731 Surat Izin Usaha Penerbitan Pers (SIUUP) baru dikeluarkan oleh departemen penerangan sejak 5 juni 1998 sampai 2 maret 1999.
            Saat ini banyak media-media besar di Indonesia dikendalikan oleh pengusaha konglomerat dan atau tokoh-tokoh politik. Seperti, RCTI, GLOBAL TV, Harian Sindo, serta sejumlah tabloid dan media online dikuasai oleh MNC Group milik Harry Tanoesoedibjo.

2.5 Jenis-Jenis Media massa
Media massa adalah penyampaian mengenai informasi-informasi, pikiran, gagasan maupun komunikasi melalui perantara (media) kepada masyarakat umum.
Berikut adalah jenis-jenis media massa beserta contoh dan fungsinya :

1.    Media Cetak
              Media Cetak adalah media yang terdiri dari lembaran kertas yang tertulis dengan sejumlah kata, kalimat, gambar, dan wacana yang ditata rapi serta berisikan berbagai macam informasi-informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, hiburan, tips, lapangan pekerjaan, bisnis, aspirasi, opini, promosi dan juga mengenai kejadian di dalam dan luar negara.
Berikut adalah beberapa contoh media cetak beserta fungsinya :

a.    Surat kabar
 Fungsinya :
   1.   Publishing the news (menerbitkan/menyiarkan berita/informasi).
   2.   Commeting On the news (memberikan komentar terhadap suatu 
        berita/informasi).
   3.   Entertaining Readers (menghibur pembaca).
   4.   Helping Readers (tips untuk pembaca bagaimana cara melakukan 
        sesuatu). 
   5.   Publishing Advertising (menerbitkan/menyiarkan barang dan jasa yang
ditawarkan kepada publik dengan menyewa ruang dan waktu).

      Kelebihan koran adalah:
1. Fleksibilitas
2. Ketepatan waktu
3. Jangkauan pasar lokal yang baik
4. Penerimaan luas
5. Tingkat kepercayaan tinggi
     Kelemahan koran adalah:
1. Usia penggunaan pendek
2. Mutu reproduksi jelek
3. Audiens “terusan” jelek

b.    Majalah
Fungsi :
1. Majalah sebagai media komunikasi.
2. Majalah sebagai penyalur aspirasi setiap orang.
3. Majalah sebagai penyemai demokrasi.
4. Majalah sebagai media promosi.
5.  Majalah sebagai media pembelajaran berbasis baca-tulis.
Kelebihan majalah adalah:
1. Pemilihan geografis dan demografis tinggi
2.  Kredibilitas dan gengsi
3.  Reproduksi bermutu tinggi
4. Usia penggunaan panjang
5. Penerusan pembacaan baik
Kekurangan majalah adalah:
1. Perencanaan pembelian iklan panjang
2. Sebagian sirkulasi sia-sia
3. Tidak ada jaminan posisi

c.  Tabloid
Fungsi :
     1.   To Inform (Untuk Menginformasikan).
     2.   To educate (Untuk Mendidik/Pendidikan).
     3.   To entertaining (Untuk Hiburan).
     Kelebihan Tabloid adalah :
     1. harga lebih murah daripada majalah dengan sifat isi yang hampir sama
2. jenis tabloid lebih jelas sehingga target pemabaca juga jelas
3. dapat dibeli tanpa menjadi pelanggan
4. kualitas kertas lebih baik daripada surat kabar
Kelemahan dari tabloid adalah :
1. Berita tidak actual
2. tidak dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama
3.Medium statis tidak dilengkapi audio video

d. Buku Teks
Fungsi :
     Sebagai alat bantu siswa untuk memahami dan belajar dari hal-hal yang dibaca dan untuk memahami dunia (di luar dirinya).
     Kelebihan buku teks adalah :
  1. Bisa dibaca dimana saja dan kapan saja
  2. Ada indeks
  3. Ada uji coba praktikum
     Kelemahan dari buku teks adalah :
  1. Sesekali pada soal terdapat suatu kecacatan
  2. Harus dibantu alat peraga
  3. Lebih cepat rusak



e.  Newsletter
     Fungsi :
  1.  Memotifasi karyawan/anggota perusahaan/organisasi/ lembaga/komunitas lainnya
      untuk meningkatkan kinerjanya.
  2.  Menumbuhkan self of belonging (rasa memiliki) terhadap perusahaan/organisasi
      /lembaga /komunitas.
  3.  Menyampaikan instruksi/informasi dari atasan.
  4.  Menyampaikan pengumuman penting.
       Kelebihan Newsletter adalah :
  1. Lebih mudah lebih cepat diproduksi
  2. jumlah halaman berkisar antara 4 dan 12 halaman atau lebih
  3. Menggunakan kertas HVS  atau kertas berkualitas lebih baik
     Kelemahan dari newsletter adalah :
  1. Tulisan yang dimuat biasanya lebih pendek
  2. Kalimat yang digunakan lebih ringkas dan langsung ke pokok masalah
  3. Biaya produksi yang lebih rendah




f. Buletin

     Fungsi :
     Memberikan informasi mengenai kegiatan-kegiatan baik yang diselenggarakan di lingkungan tentang perkembangan suatu topik atau aspek tertentu.
     Kelebihan dari bulletin adalah :
1.  Membuat Iklan
2. Berita lebih mudah disebar luaskan
3. Dapat diterima oleh seluruh kalangan masyarakat
Kelemahan dari bulletin adalah :
1. Lebih susah dinikmati oleh orang-orang yang sibuk bekerja
2. Terkadang hanya menuliskan berita dari daerah tempat bulletin tersebut diterbitkan

2.    Media Elektronik
Media Elektronik adalah sarana komunikasi yang mempergunakan peralatan elektronik sebagai  perantara dalam penyampaian informasi.
 Berikut adalah beberapa contoh media elektronik dan fungsinya :



a.    Televisi
 Fungsi :
1. Sebagai sarana memperoleh informasi aktual dan faktual.
2. Sebagai sarana hiburan seperti tontonan film, musik, dan humor.
3. Sebagai sarana menyampaikan pendapat dan berbagi.
4. Sebagai media belajar seperti tv education dan program siaran pendidikan
Kelebihan Televisi adalah :
1. Mampu menampilkan hal menarik yang ditangkap oleh indera pendengaran dan penglihatan .
2. Mampu menampilkan secara detail suatu peristiwa
3. penayangan seketika
4. control mudah
5. efek demonstrasi
6. jangkauan luas
Kekurangan Televisi adalah :
1. Biaya produksi yang mahal
2. Halayaknya sangat heterogen sehingga sulit menjangkau publik sasaran yang diinginkan
3. Peralatan peliputan sangat mahal dan rumit penggunaanya
4. Bila tidak dipersiapkan dengan matang, maka pesan visual itu justru akan menjadi image  buruk

b.    Radio

Fungsi :
1.    Sebagai sarana penyampaian informasi.
2.    Untuk menghibur misalnya musik, humor serta berita dan berbagai informasi lainnya.
Kelebihan radio sebagai media promosi adalah:
1. Penggunaan massal
2. Pemilihan geografis dan demografis tinggi
3. Biaya rendah
Kelemahan radio adalah:
1. Hanya penyajian suara
2. Perhatian lebih rendah daripada televise
3.Struktur harga tidak standar
4. Paparan bergerak kilat

c.    Handphone
  Fungsi :
  1. Sebagai alat hitung (menggantikan kalkulator).
  2.  Sebagai alat bantu menterjemah bahasa secara digital.
  3.  Sebagai sarana bimbingan siswa.
  4.  Sebagai alat mengambil gambar/foto untuk bahan belajar.
     Kelebihan Handphone adalah :
  1. Mempermudah komunikasi
  2. Memperluas jaringan persahabatan
  3. Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi
     Kelemahan dari Handphone adalah :
  1. Efek radiasi
  2. Rawan terhadap tindak kejahatan
  3. Pemborosan
  4. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku anak
  
d.   Internet
Fungsi :
1.    Memperluas Wawasan dan Ilmu pengetahuan.
2. Sebagai sumber tambahan Pelajaran Yang belum di mengerti di Sekolah.
3.   Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-cara Penggunaan Komputer.
4.    Sebagai Sarana Komunikasi.

Kelebihan Internet adalah :
1. Sebagai hiburan
2. Sebagai layanan penyedia informasi
3. Akses informasi yang tidak dibatasi waktu
Kelemahan internet adalah :
1. Privasi mudah dibobol
2. Informasi palsu dimana-mana
3. pengawasan hukum masih lemah
4. tidak ada filter yang tangguh

e.     Komputer
Fungsi :
1.    Sebagai sarana mempermudah kerja.
2.    Sebagai Sarana Komunikasi.
3.    Sebagai Alat Hiburan.
4.    Sebagai Alat Pendidikan.
5.    Sebagai Sarana Informasi 
Kelebihan Komputer adalah :
1. Mampu menyimpan dan mengolah data dalam jumlah besar
2. Mampu melakukan perhitungan-perhitungan dalam mengolah data dengan kecepatan tinggi
3. dapat dipergunakan untuk memindahkan informasi dari suatu tempat ke tempat yang lain
Kelemahan Komputer adalah :
1. Tidak dapat beroperasi tanpa intruksi
2. Kelangsungan jaringan sangat bergantung pada server
3. biaya operasional relative lebih mahal
BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Media komunikasi massa dapat menjangkau khalayak luas, kepada sekumpulan individu yang bersifat heterogen. Oleh karena itu media komunikasi massa dapat dimanfaatkan oleh semua orang tanpa memandang usia, jenis kelamin atau tingkat sosial tertentu. Pesan-pesan yang disampaikan melalui media massa dibawakan oleh komunikator untuk diterima oleh komunikan.
Dengan menggunakan media seperti Radio,Televisi,Handphone, Internet dan lain sebagainya. Selain itu dapat dikatakan juga komunikasi sebagai alat transfer atau proses pemindahan
           
3.2 Saran
            Adapun saran yang dapat kami berikan yaitu karena media komunikasi massa memiliki peranan yang penting di dalam masyarakat, yang sebaiknya di jalankan atau dipergunakan dengan baik agar hasilnya tidak menjadi negative di mata masyarakat.













DAFTAR PUSTAKA

http://konsepblackbook.blogspot.com/2012/11/media-massa.html?m=1

1 komentar:

  1. Harrah's casino in NC - Dr.MCD
    Harrah's is one of 대구광역 출장마사지 the biggest and most recognizable 아산 출장마사지 casinos in North 의정부 출장샵 Carolina. It is located in the 서산 출장샵 mountains 당진 출장안마 off Harrah's Casino

    BalasHapus